VISI MISI KEPALA DESA

19 Desember 2023
Administrator
Dibaca 38 Kali

VISI DAN MISI

Untuk mewujudkan Visi – misi sebagimana diuraikan dibawah ini, maka tujuan yang ingin dicapai dalam tahun 2024 adalah sebagai berikut :

  1. Tersedianya prasarana air bersih melalui pemamfaatan sumber daya dan potensi local yang sesuai dengan standar kesehatan serta teratasinya masalah kemiskinan.
  2. Tertatanya prasarana transportasi (jalan) yang memberikan rasa aman,nyaman bagi lalu lintas transportasi yang dapat berpengaruh terhadap perbaikan ekonomi masyarakat melalui pengembangan dan pemasaran hasil produksi pertanian atau industri lain yang berdaya saing.
  3. Meningkatkan kualitas pelayanan dan tata laksana pemerintahan yang baik serta meningkatnya peranserta lembaga desa,toga,tomas dan semua komponen masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.
  4. Terciptanya masyarakat yang sadar dan menjunjung tinggi semangat kebersamaan.
  5. Terbentuknya kelembagaan yang dapat melakukan fasilitasi, dan advokasi terhadap pengembangan seni dan budaya.
  6. Membina Lembaga-lembaga yang ada di Desa agar menjadi lembaga yang mandiri.

Tersusunnya RKPDesa, Desa Janapria Tahun anggaran 2024 disamping sebagai pedoman kebijakan bagi pemerintah Desa dalam kegiatan Pembangunan, juga dapat diakses oleh Pemerintah Daerah sebagai acuan dalam merencanakan dan melaksanakan program baik melalui SKPD, Lintas SKPD, maupun program yang langsung dibiayai melaui Pemerintah Pusat diDesa Janapria dalam kurun waktu 1 tahun.

  1. VISI

Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan dengan melihat potensi dan kebutuhan Desa. Penyusunan Visi Desa janapria ini dilakukan dengan pendekatan partisifatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di Desa janapria seperti pemeribtah desa, BPD, LPMD, Tokoh Masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta lembaga masyarakat desa dan masyarakat desa pada umumnya. Pertimbnagan kondisi eksternal di Desa seperti satuan kerja wilayah pembangunan di kecamatan janapria mempunyai titik berat sektor infrastruktur. Maka berdasrkan pertimbangan di atas visi Desa Janapria adalah :

”MENJADIKAN DESA SEBAGAI FIGUR PELAYANAN SEHINGGA TERCIPTA MASYARAKAT JANAPRIA YANG MAJU, SEHAT DAN AMAN”.

  1. MISI

Selain penyusunan Visi  juga telah ditetapkan misi-misi yang memuat sesuatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh Desa agar terciptanya misi desa tersebut. Visi  berada diatas misi. Pernyataan visi kemudian dijabarkan kedalam misi agar dapat dioprasinalkan/dikerjakan. Sebagaimana penyusunan visi, mispun dalam penyusunannya menggunakan pendekatan partisipatif dan pertimbangan potensi dan kebutuhan desa janapria, sebagaimana proses yang dilakukan maka misi desa janapria adalah :

  1. Meningkatkan kualitas sumberdaya masyarakat
  2. Memperbaiki tingkat perekonomian masyarakat terutama masyarakat miskin
  3. Meningkatkan akses masyarakat terhadap fasilitas dan pelayanan kesehatan
  4. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pola hidup sehat
  5. Meningkatkan siskamlingsecara partisifatif oleh masyarakat.
Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image